“4 LANGKAH TEPAT YG HARUS ANDA KETAHUI UTK MENGATASI LUKA TERBUKA PADA KULIT (LUKA BARING)”

KESEHATAN - 23 Jan 2018

“4 LANGKAH TEPAT YG HARUS ANDA KETAHUI UTK MENGATASI LUKA TERBUKA PADA KULIT (LUKA BARING)”
.
.
Bila ada orang tercinta kita yang berada di tempat tidur atau di kursi roda untuk waktu yang lama biasanya kerap kali mengalami luka baring atau yang sering disebut juga sebagai luka tekan atau ulkus dekubitus, ini merupakan luka terbuka pada kulit.
.
.
Kejadian ini biasanya disebabkan karena adanya tekanan atau gesekan yang tidak seharusnya pada kulit, seperti berbaring atau duduk terlalu lama diarea tertentu. Atau karena penggunaan pakaian atau pakaian dalam yang kotor untuk waktu yang lama.
.
.
Dan orang yang beresiko lebih tinggi terkena luka baring biasaanya adalah orang yang mengalami kesulitan bergerak karena kesehatan yang buruk, kelemahan, kelumpuhan dan koma.
.
.
Luka baring sering terjadi dibokong, bahu, kulit sepanjang tulang belakang, bagian belakang lengan dan kaki, bagian belakang kepala, punggung bawah, tumit, pergelangan kaki dan kulit di belakang lutut.
.
.
Gejala-gejala yang terjadi dari luka baring dapat dilihat dari adanya perubahan warna kulit, rasa nyeri, gatal, robek atau lesi pada kulit.
.
.
Jika tidak segera diperiksa, luka baring dapat menyebabkan ulserasi dengan luka yang mendalam dan mengembangkan tanda-tanda infeksi seperti nanah.
.
.
Namun, kita juga dapat menggunakan beberapa langkah pengobatan rumahan yang mudah untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan.
.
.
Berikut sedikit Bunda berikan beberapa langkah pengobatan ala rumahan untuk luka baring

 

#1. MENJAGA KEBERSIHAN 

Menjaga kebersihan dengan ketat harus dilakukan untuk meningkatkan penyembuhan luka baring dan mengurangi risiko infeksi.
.
.
Kita harus memeriksa kulit orang tercinta kita yg memilki kondisi kesehatan lemah setiap hari, terutama di sekitar area tulang seperti tulang belakang, punggung bawah, pinggul, siku dan lutut.
.
.
Jaga kulit agar tetap bersih dan bebas dari keringat, urin dan feses. Batasi paparan terhadap cuaca agar kulit tidak mudah rusak, selalu menjaga kulit tetap kering karena uap air dapat memperburuk kondisi kulit. Dan hindarilah pakaian ketat, pakaian dengan jahitan berat dan pakaian nilon.

#2. MENGUBAH POSISI TUBUH

Rubahlah posisi tubuh sesering mungkin, ini akan mengurangi stres dan tekanan pada kulit yang dapat mengiritasi luka yang ada, juga mengurangi risiko pengembangan luka baru
.
.
Jika orang tercinta kita berada di kursi roda, cobalah untuk menggeser berat badannya setiap 30 menit. Dan bila mereka dalam kondisi berbaring dan tidak memiliki kekuatan yg cukup pada tubuh bagian atas maka gunakan sprei untuk membantu mengangkat & mengubah posisi untuk mengurangi gesekan / geseran, lakukan hal ini setiap 2-3 jam.
.
.
Cobalah dampingi mereka untuk melakukan beberapa latihan dalam rutinitas hariannya. 
**Konsultasikan dengan ahli untuk belajar latihan yang bisa dilakukan sesuai kemampuan.
.
.
Untuk mengurangi tekanan pada area yang terkena, tidurlah di kasur yang empuk atau kasur angin. Gunakan semacam bantalan dari bantal lembut atau selimut pada area tulang untuk meningkatkan penyembuhan
.
.
Jika orang tercinta kita menggunakan kursi roda, gunakan bantalan kursi yang sesuai denga tubuhnya.

 

#3. MENGATASI DENGAN OBAT RUMAHAN

Untuk membantu luka baring sembuh lebih cepat, bisa diatasi dengan obat rumahan seperti dengan menggunakan garam, kunyit, madu, lidah buaya, minyak kelapa dll.
.
.
Obat-obat tersebut dapat memberikan rasa lega dari sakit, mengurangi gatal, mengurangi resiko infeksi dan mempercepat penyembuhan
.
.

#4. PERHATIKAN ASUPAN MAKANAN 

Ini menjadi salah satu komponen yang juga harus diperhatikan, Asupan makanan yang tinggi protein penting untuk membantu membangun otot dan memperkuat tubuh dan minum air yang banyak (diseduaikan dengan kebutuhan tubuh) juga diperlukan untuk menjaga kulit terhidrasi
.
.
Satu lagi yang harus diingat adalah hindari merokok dan produk berbasis tembakau, produk-produk ini dapat mengeringkan kulit dan mengurangi pasokan darah ke kulit..